Analisis Kualitas Pelayanan Kesehatan Terhadap Kepuasan Ibu Pasca Salin di Instalasi Rawat Inap Kebidanan RS Mayjen H.A.Thalib Kerinci
Author(s):
Gustina
Tahun:
2008
Nama Penulis:
Gustina
Item Type:
Karya ilmiah mahasiswa (tesis, skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
Kualitas Pelayanan Kesehatan, Kepuasan, Ibu Pasca Salin
Abstract :
Pelayanan rumah sakit disamping mengemban misi sosial, dewasa ini mulai semakin dituntut untuk mampu berperan sebagai lembaga yang bisa mandri melalui peningkatan kemampuan menyediakan layanan kesehatan yang memuaskan masyarakat. Masyarakat semakin menginginkan pelayanan kesehatan yang lebih baik, lebih ramah dan lebih bermutu, sehingga rumah sakit dituntut menyediakan layanan kesehatan terbaik yang bisa memberikan kepuasan bagi masyarakat sebagai pasiennya.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa bear hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan ibu pascasalin dan untuk mengetahui dimensi kualitas pelayanan kesehatan yang paling mempengaruhi kepuasan ibu pascasalin.
Penelitian ini menggunakan studi kolerasi dengan metode pendekatan potong silang. Jumlah sampel 100 ibu pascasalin, yang diambil dengan teknik sesuai dengan nomor urut datangnya pascasalin ke Rumah Sakit Umum Mayjen .H.A.Thalib Kerinci. Analisis statistik menggunakan analisis deskriptif untuk melihat gambaran kualitas pelayanan kesehatan, analisis bivariabel menggunakan analisis korelasi Rank Spearman, analisis multivariabel menggunakan analisis jalur.
Hasil penelitian di Rumah Sakit menunjukkan bahwa secara statistik variabel dimensi kualitas pelayanan kesehatan berhubungan sangat signifikan terhadap kepuasan ibu pascasalin nilai p 0,001. Sedangkan pengaruh langsung dan tidak langsung secara parsial dari tiap dimensi kualitas pelayanan kesehatan adalah dimensi daya tanggap sebesar dan empati sebesar 23,56%. Kualitas pelayanan kesehatan berhubungan dengan kepuasan dan terdapat dimensi yang paling berpengaruh terhadap kepuasan lbu pascasalin.
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa bear hubungan kualitas pelayanan kesehatan terhadap kepuasan ibu pascasalin dan untuk mengetahui dimensi kualitas pelayanan kesehatan yang paling mempengaruhi kepuasan ibu pascasalin.
Penelitian ini menggunakan studi kolerasi dengan metode pendekatan potong silang. Jumlah sampel 100 ibu pascasalin, yang diambil dengan teknik sesuai dengan nomor urut datangnya pascasalin ke Rumah Sakit Umum Mayjen .H.A.Thalib Kerinci. Analisis statistik menggunakan analisis deskriptif untuk melihat gambaran kualitas pelayanan kesehatan, analisis bivariabel menggunakan analisis korelasi Rank Spearman, analisis multivariabel menggunakan analisis jalur.
Hasil penelitian di Rumah Sakit menunjukkan bahwa secara statistik variabel dimensi kualitas pelayanan kesehatan berhubungan sangat signifikan terhadap kepuasan ibu pascasalin nilai p 0,001. Sedangkan pengaruh langsung dan tidak langsung secara parsial dari tiap dimensi kualitas pelayanan kesehatan adalah dimensi daya tanggap sebesar dan empati sebesar 23,56%. Kualitas pelayanan kesehatan berhubungan dengan kepuasan dan terdapat dimensi yang paling berpengaruh terhadap kepuasan lbu pascasalin.