PERAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ASUHAN BAYI BARU LAHIR TERINTEGRASI TERHADAP MOTIVASI DAN KOMPETENSI MAHASISWA SERTA KEPUASAN PASIEN PADA PRAKTIK KLINIK KEBIDANAN

Categorie(s):
   Tesis
Author(s):
   Julaecha
Tahun:
   2016
Nama Penulis:
 Julaecha
Item Type:
 Karya ilmiah mahasiswa (tesis, skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
Kompetensi, kepuasan pasien, model pembelajaran, motivasi
Abstract :
Kualitas lulusan D-III kebidanan di Indonesia cenderung menurun dibandingkan beberapa waktu sebelumnya dan belum sesuai dengan harapan masyarakat. Perlu adanya perbaikan kualitas bidan dimulai dari proses pendidikan yaitu proses pembelajaran yang mengintegrasikan topik-topik dengan nilai-nilai dan kajian ilmu yang terkait sesuai dengan kebutuhan masyarakat sehingga memberikan kepuasan pasien dari setiap layanan yang diterima. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peran penerapan model pembelajaran asuhan bayi baru lahir terintegrasi terhadap motivasi dan kompetensi mahasiswa serta kepuasan pasien pada praktik klinik kebidanan.
Penelitian ini merupakan penelitian intervensi dengan desain kuasi eksperimental one group pre- post- test design. Subjek penelitian 37 mahasiswa semester IV prodi D-III Kebidanan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pada subjek penelitian diberikan pre-test untuk penialian awal dan post test setelah diintervensi berupa pemberian materi model pembelajaran asuhan bayi baru lahir terintegrasi selama 4 minggu. Test ini untuk menilai motivasi dan kompetensi mahasiswa serta efek asuhan yang diberikan oleh mahasiswa terhadap kepuasan pasien yang bayinya mendapat asuhan bayi baru lahir, dengan menggunakan kuesioner. Data dikumpulkan secara deskriptif dan analisis uji komparatif menggunakan uji wilcoxon (median skor, rentang), untuk mengetahui hubungan antar variabel menggunakan uji spearman rho.
Hasil analisis uji statistik menunjukan terdapat peningkatan motivasi dan kompetensi mahasiswa sebelum dan sesudah penerapan pembelajaran dengan median skor motivasi (52,0 vs 76,0, p