HUBUNGAN TINGKAT PENGETAHUAN DENGAN PERILAKU MEMBACA LABEL GIZI PADA REMAJA DI SMAN 10 KOTA JAMBI
Categorie(s):
Skripsi
Author(s):
aura apriyunda salsabila
Tahun:
2024
NIM Mahasiswa:
202031034
Nama Mahasiswa:
AURA APRIYUNDA SALSABILA
Nama Penulis:
AURA APRIYUNDA SALSABILA
Item Type:
Karya ilmiah mahasiswa (tesis, skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
Label gizi, remaja, perilaku, tingkat pengetahuan
Abstract :
Tingkat kepedulian konsumen terhadap label masih tergolong rendah (30,3% 34,3%) terutama untuk konsumen berpendidikan tinggi (2,3). Penelitian di Afrika Selatan juga menunjukkan hasil yang tergolong rendah (48,48%) untuk konsumen yang sering atau selalu membaca label dengan kategori responden berpendidikan tinggi . Selain itu, prevalensi penggunaan label yang dilaporkan berdasarkan studi literatur dari berbagai negara seperti di Lesotho (40,5%), Chile (55%), dan Trinidad (58,5%) untuk kategori sering dan selalu. Kebiasaan membaca label pada konsumen remaja masih rendah. Selain itu, tidak semua bagian pada label, khususnya informasi nilai gizi, dibaca dan dimengerti oleh remaja. Penerapan diet yang lebih sehat dapat dilakukan dengan membaca dan memahami informasi nilai gizi pada label produk. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan tingkat pengetahuan dengan perilaku membaca label gizi pada remaja di SMAN 10 Kota Jambi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April-Juli 2024 yang dilaksanakan di SMA N 10 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Pengumpulan data dengan cara mengisi kuesioner. Jumlah populasi sebanyak 576 remaja dan sampel 86 remaja. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariate menggunakan chi-square. Hasil penelitian menunjukkan persentase gambaran tingkat pengetahuan membaca label gizi yaitu sebanyak 20 responden (23,3%) kurang, 28 responden (32,6) cukup, 38 responden (44,2%) memiliki tingkat pengetahuan membaca label dengan kategori baik, 59 responden (68,6%) memiliki perilaku membaca label gizi dengan kategori cukup, 23 responden (26,7%) kurang, 4 responden (4,7%) baik. Tidak terdapat hubungan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku membaca label gizi dengan nilai p-value 0,720. Dapat disimpulkan bahwa sebagian remaja sudah memiliki tingkat pengetahuan membaca label baik namun memiliki perilaku membaca label gizi yang kurang baik.