Edukasi Bahaya Game Online Pada Remaja

Author(s):
   Nel Efni1*, Tina Yuli Fatmawati
Tahun:
   Dese
Item Type:
 Proceeding
ISSN/ISBN:
E-ISSN 3031-8572
Keyword(s):
adolescence, education, game online edukasi,game online, remaja
Abstract :
Abstrak
Remaja adalah masa transisi dari periode anak menuju periode dewasa. Pada masa ini
terjadi banyak perubahan pesat yang perlu mendapat perhatian dari orangtua. Penggunaan
gadget di sekolah dianggap telah mengganggu kesehatan dan hubungan sosial anak. Ketika
anak telah kecanduan bermain game online akan membuat anak merasa gelisah jika
dipisahkan dengan gadget. Tujuan pengabdian kepada masyarakat ini agar siswa
memahami tentang bahaya Game online. Metode yang digunakan dalam pengabdian
kepada Masyarakat ini adalah ceramah, diskusi, tanya jawab dan pemberian media edukasi
yaitu Leaflet. Rangkaian kegiatan pengabdian dilaksanakan pada Siswa/i SMA N 4 Kota
Jambi berjumlah 45 siswa. Hasil pengabdian masyarakat diperoleh rata-rata pengetahuan
siswa sebelum edukasi sebesar 4,2 dan setelah edukasi sebesar 8,8. Artinya terjadi
peningkatan pengetahuan siswa sebelum dan setelah dilakukan edukasi dengan rata-rata
sebesar 4,6. Game online dapat mempengaruhi perkembangan otak anak. Maka dari itu
peran orang tua menjadi sangat penting dalam mendampingi anak. Orang tua harus
mengetahui batasan kapan anak diperbolehkan untuk bermain game online dan berapa
lama durasi anak boleh bermain game online
Kata Kunci: edukasi,game online, remaja
      Link File