Hubungan Pengetahuan dan Persepsi Halal dengan Sikap Membeli Pangan Halal pada Masyarakat Konsumen Di Kota Jambi

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Devi Triana
Tahun:
   2023
NIM Mahasiswa:
 201931021
Nama Mahasiswa:
 DEVI TRIANA
Nama Penulis:
 DEVI TRIANA
Item Type:
 Karya ilmiah mahasiswa (tesis, skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
Pengetahuan, Persepsi, Sikap
Abstract :
Indonesia merupakan negara yang mayoritas muslim sangatlah wajar jika produk pangan halal menjadi isu yang cukup menarik untuk dikaji. Kebanyak masyarakat mempercayai produk pangan dari ucapan penjual dan logo yang terdapat pada kemasan produk pangan tersebut. Masalah yang kemudian timbul adalah banyaknya bahan pangan baik bahan baku maupun bahan adiktif yang sulit ditentukan kehalalan asal bahan pembuatannya. Seiring perkembangan teknologi pangan dan rekayasa genetika pangan mengharuskan para konsumen lebih kritis untuk memilih produk pangan halal.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan persepsi halal dengan sikap membeli produk pangan halal dengan populasi sampel masyarakat konsumen di Kota Jambi sebanyak 105 responden. Desain dalam penelitian adalah deskriptif kuantitatif dengan metode pendekatan cross sectional dan teknik pengambilan sampel accidental sampling. Intrumen yang digunakan kuesioner dan analisis data menggunakan tiga tahapan yaitu univariat, bivariat dan multivariat.
Hasil uji statistik diketahui bahwa nilai p-value 0,151 > (0,05) artinya tidak ada hubungan signifikan pengetahuan tentang pangan halal dengan sikap membeli. Dan hasil uji statistik diketahui bahwa nilai p-value 0,041 < (0,05) artinya terdapat hubungan signifikan persepsi halal dengan sikap membeli. . Variabel persepsi halal dengan odd ratio sebesar 2.436. Artinya, responden memiliki persepsi yang positif tentang konsep pangan maka sikap positif terhadap membeli pangan halal 2 lebih tinggi dibandingkan yang memiliki persepsi negatif.
Kesimpulan responden memiliki pengetahuan yang baik tentang konsep halal, persepsi yang positif tentang produk pangan halal, dan sikap yang positif tentang membeli produk pangan halal.