HUBUNGAN DUKUNGAN KELUARGA DENGAN PRESTASI BELAJAR SECARA DARING SELAMA PANDEMIK COVID 19 PADA MAHASISWI D III KEBIDANAN SEKOLAH TINGGI ILMU KESEHATAN BAITURRAHIM
Author(s):
Gustina, Nurbaiti
Tahun:
2021
Nama Penulis:
Gustina, Nurbaiti
Item Type:
Karya ilmiah mahasiswa (tesis, skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
support, achievement, midwifery students
Abstract :
Berdasarkan Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam masa darurat penyebaran virus Covid 19. Mendikbud menghimbau agar semua lembaga pendidikan tidak melakukan proses belajar mengajar secara langsung atau tatap muka, melainkan harus
dilakukan secara tidak langsung atau jarak jauh. Menyikapi himbauan tersebut semua lembaga pendidikan mengganti metode pembelajaran yang digunakan menjadi online atau dalam jaringan (daring). Pada awal penerapannya banyak mahasiswa yang menanggapi kelas daring ini dengan
baik, namun setelah berjalannya proses perkuliahan secara daring tersebut, banyak mahasiswa justru mengalami kesulitan dalam belajar. Dikarenakan situasi pandemik Covid 19 yang mengharuskan semua orang banyak melakukan kegiatan dirumah termasuk belajar, tentu peran keluarga sangat dibutuhkan. Faktor penyebab menurunnya prestasi belajar yaitu faktor internal, dan faktor eksternal.
Tujuan: mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan prestasi belajar cecara daring selama pandemik Covid 19 pada mahasiswi D III Kebidanan.
Metode Penelitian: menggunakan desain penelitian analitik yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan prestasi belajar secara daring selama pandemik Covid 19 pada mahasiswi D III Kebidanan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi D III sebanyak 77 orang. Data dianalisis secara Univariat dan Bivariat yang dilaksanakan pada bulan Februari 2021.
Hasil: keluarga kurang mendukung prestasi belajar dengan hasil memuaskan 4 orang, sangat memuaskan 12 orang dan pujian 2 orang sedangkan keluarga mendukung prestasi belajar memuaskan 0 orang, sangat memuaskan 32 orang dan pujian 27 orang. Sedangkan hubungan
dukungan keluraga dengan prestasi belajar terdapat hubungan signifikan p value < 0,000 (CI 95%).
Kesimpulan: terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar mahasiswi D III Kebidanan.
dilakukan secara tidak langsung atau jarak jauh. Menyikapi himbauan tersebut semua lembaga pendidikan mengganti metode pembelajaran yang digunakan menjadi online atau dalam jaringan (daring). Pada awal penerapannya banyak mahasiswa yang menanggapi kelas daring ini dengan
baik, namun setelah berjalannya proses perkuliahan secara daring tersebut, banyak mahasiswa justru mengalami kesulitan dalam belajar. Dikarenakan situasi pandemik Covid 19 yang mengharuskan semua orang banyak melakukan kegiatan dirumah termasuk belajar, tentu peran keluarga sangat dibutuhkan. Faktor penyebab menurunnya prestasi belajar yaitu faktor internal, dan faktor eksternal.
Tujuan: mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan prestasi belajar cecara daring selama pandemik Covid 19 pada mahasiswi D III Kebidanan.
Metode Penelitian: menggunakan desain penelitian analitik yang bertujuan untuk mengetahui hubungan dukungan keluarga dengan prestasi belajar secara daring selama pandemik Covid 19 pada mahasiswi D III Kebidanan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi D III sebanyak 77 orang. Data dianalisis secara Univariat dan Bivariat yang dilaksanakan pada bulan Februari 2021.
Hasil: keluarga kurang mendukung prestasi belajar dengan hasil memuaskan 4 orang, sangat memuaskan 12 orang dan pujian 2 orang sedangkan keluarga mendukung prestasi belajar memuaskan 0 orang, sangat memuaskan 32 orang dan pujian 27 orang. Sedangkan hubungan
dukungan keluraga dengan prestasi belajar terdapat hubungan signifikan p value < 0,000 (CI 95%).
Kesimpulan: terdapat hubungan yang signifikan antara dukungan keluarga dengan prestasi belajar mahasiswi D III Kebidanan.