HUBUNGAN POLA SARAPAN PAGI DAN AKTIVITAS FISIK DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA/SISWI SMA NEGERI 1 TUNGKAL JAYA KABUPATEN MUSI BANYUASIN SUMATERA SELATAN
Author(s):
Kharisma Agustia sa'adah
Tahun:
2025
NIM Mahasiswa:
202131032
Nama Mahasiswa:
KHARISMA AGUSTIA SA'ADAH
Nama Penulis:
Kharisma Agustia Sa'adah
Item Type:
Karya ilmiah mahasiswa (tesis, skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
aktivitas fisik, pola sarapan, prestasi belajar, remaja, SMA
Abstract :
Remaja berada pada masa pertumbuhan pesat sehingga memerlukan asupan gizi dan aktivitas fisik seimbang untuk mendukung prestasi belajar. Sarapan menyediakan energi bagi otak, sedangkan aktivitas fisik menunjang kebugaran dan fungsi kognitif. Penelitian ini bertujuan menganalisis hubungan pola sarapan dan aktivitas fisik dengan prestasi belajar siswa di SMA Negeri 1 Tungkal Jaya, Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan dan pengumpulan data penelitian ini dilakukan pada tanggal 22-24 Juli 2025. Desain penelitian cross-sectional dengan 58 siswa kelas X yang dipilih secara random sampling. Data pola sarapan pagi diperoleh melalui Food Frequency Questionnaire (FFQ), aktivitas fisik diukur menggunakan Physical Activity Level (PAL), dan prestasi belajar berdasarkan nilai rata-rata rapor semester. Analisis menggunakan uji Chi-Square. Hasil menunjukkan mayoritas memiliki pola sarapan pagi sering (96,6%), aktivitas fisik sedang (60,3%), dan prestasi belajar baik (67,2%). Terdapat hubungan signifikan antara pola sarapan pagi dengan prestasi belajar (p=0,041) serta aktivitas fisik dengan prestasi belajar (p=0,000). Sebaiknya siswa rutin sarapan dan beraktivitas fisik untuk mendukung prestasi akademik. Pola sarapan yang baik berhubungan dengan prestasi belajar siswa, sedangkan aktivitas fisik tidak menunjukkan hubungan signifikan. Oleh karena itu, kebiasaan sarapan pagi perlu terus dibiasakan untuk mendukung pencapaian akademik.
Kata kunci: aktivitas fisik, pola sarapan, prestasi belajar, remaja, SMA
Kata kunci: aktivitas fisik, pola sarapan, prestasi belajar, remaja, SMA