Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien Dalam Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Putri Ayu

Author(s):
   Sari Oktavia Ananda
Tahun:
   2023
NIM Mahasiswa:
 201921017
Nama Mahasiswa:
 SARI OKTAVIA ANANDA
Item Type:
 Karya ilmiah mahasiswa (tesis, skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
Kepuasan, Kesehatan, Pelayanan, Puskesmas
Abstract :
GAMBARAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN DALAM KUALITAS
PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS PUTRI AYU

Sari Oktavia Ananda

ABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien
Dalam Kualitas Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Putri Ayu. Pelayanan
Kesehatan merupakan salah satu bentuk pelayanan yang menjadi kebutuhan dasar setiap manusia sehingga harus mengukur kualitas pelayanan yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk melihat gambaran tingkat kepuasan pasien secara khusus dari dimensi Reliability (kehandalan), Responsiveness (ketanggapan), Assurance (jaminan), Empaty (kepedulian), Tangible (bukti langsung). Data penelitian diambil dari Dinas Kesehatan Provinsi Jambi, Dinas Kesehatan Kota Jambi dan Puskesmas Putri Ayu. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif dan proses pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner tentang kepuasan pasien. Hasil penelitian mengidentifikasi jika pasien lebih banyak puas terhadap pelayanan keperawatan yang dilihat dari dimensi reliabilty yaitu sebanyak 47 orang (79,7%), pasien lebih banyak puas terhadap pelayanan keperawatan yang dilihat dari dimensi responsiveness yaitu sebanyak 58 orang (98,3%), pasien lebih banyak puas terhadap pelayanan kesehatan yang dilihat dari dimensi assurance yaitu sebanyak 59 orang (100,0%), pasien lebih banyak puas terhadap pelayanan kesehatan yang dilihat dari dimensi empathy yaitu sebanyak 58 orang (98,3%), Pasien lebih banyak puas terhadap pelayanan kesehatan yang dilihat dari dimensi tangibles yaitu sebanyak 58 orang (98,3%). Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan sebagai masukan untuk evaluasi secara berkala dan persisten setiap tahun untuk meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan di Puskesmas Putri Ayu dengan cara smengetahui penyebab munculnya ketidakpuasan pasien, sehingga mampu menciptakan suasana yang menyenangkan diantara petugas dan pasien. Penelitian ini juga diharapkan dapat dijadikan sebagai bahan informasi dan dikembangkan menggunakan variabel-variabel yang sama dengan uji berbeda yang belum diteliti.

Kata Kunci: Kepuasan, Kesehatan, Pelayanan, Puskesmas