Gambaran Tingkat Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan Penyelenggaraan Makanan Rumah Sakit Umum Daerah KH. Daud Arif Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat
Categorie(s):
Skripsi
Author(s):
Tiya Leksmi Dewenti
Tahun:
2024
NIM Mahasiswa:
202332004
Nama Mahasiswa:
TIYA LEKSMI DEWENTI
Nama Penulis:
Tiya Leksmi Dewenti, S.Gz
Item Type:
Karya ilmiah mahasiswa (tesis, skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
Kebersihan alat makan, penampilan makanan, rasa makanan, sikap petugas pramusaji, tingkat kepuasan, variasi menu, waktu penyajian makanan.
Abstract :
Penyelenggaraan makanan di rumah sakit, seringkali menjadi sorotan banyak pihak, khususnya yang berkaitan dengan kepuasan pasien Berdasarkan laporan instalasi gizi tahun 2022, diketahui hasil rata-rata ketepatan waktu pemberian makan pada pasien sebesar 89,47% tepat jadwal, hasil rata-rata sisa makanan yang tidak habis dimakan pasien sebesar 20,2%. hasil rata-rata ketepatan pemberian diet pasien sebesar 99,78%, sedangkan data laporan tahun 2023 diketahui hasil ratarata ketepatan waktu pemberian makan pada pasien sebesar 90,60% tepat jadwal, data sisa makanan yang tidak habis dimakan oleh pasien sebesar 19.7%, dan hasil ratarata ketepatan waktu pemberian diet sebesar 99,80%. Tujuan penelitian ini dilakukan yaitu untuk mengetahui gambaran tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan penyelenggaraan makanan Rumah Sakit Umum Daerah KH. Daud Arif Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan desain penelitian Deskriptif Analitik, jumlah sampel pada penelitian ini adalah 43 responden, pengumpulan data melalui wawancara menggunakan kuesioner. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis Univariat. Hasil penelitian menunjukan persentase gambaran tingkat kepuasan pasien berdasarkan waktu penyajian makanan mengatakan puas sebanyak 39 orang (91%) dan 4 orang (9% ) mengatakan tidak puas, persentase tingkat kepuasan pasien berdasarkan rasa makanan mengatakan puas sebanyak 15 orang (35%) dan 28 orang (65% ) mengatakan tidak puas, persentase tingkat kepuasan pasien berdasarkan penampilan makanan mengatakan puas sebanyak 37 orang (86%) dan 6 orang (14% ) mengatakan tidak puas, persentase tingkat kepuasan pasien berdasarkan sikap petugas pramusaji mengatakan puas sebanyak 32 orang (74%) dan 11 orang (26% ) mengatakan tidak puas, persentase tingkat kepuasan pasien berdasarkan kebersihan alat makan mengatakan puas sebanyak 26 orang (60%) dan 17 orang (40% ) mengatakan tidak puas. Dan persentase tingkat kepuasan pasien berdasarkan variasi menu makanan mengatakan puas sebanyak 33 orang (77%) dan 10 orang (23% ) mengatakan tidak puas. Pada penelitian ini dapat disimpulakan bahwa masih ada beberapa responden yang merasa tidak puas dengan pelayanan penyelenggaraan makanan Rumah Sakit Umum Daerah KH. Daud Arif Kuala Tungkal Kabupaten Tanjung Jabung Barat.