GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MERSAM KABUPATEN BATANG HARI TAHUN 2024

Categorie(s):
   GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MERSAM KABUPATEN BATANG HARI TAHUN 2024
Author(s):
   GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MERSAM KABUPATEN BATANG HARI TAHUN 2024
Tahun:
   2024
Kode:
 GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MERSAM KABUPATEN BATANG HARI T
NIM Mahasiswa:
 202322028
Nama Mahasiswa:
 FITRIANI
Nama Penulis:
 FITRIANI
Item Type:
 Karya ilmiah mahasiswa (tesis, skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN KESEHATAN DI PUSKESMAS MERSAM KABUPATEN BATANG HARI TAHUN 2024
Abstract :
GAMBARAN KEPUASAN PASIEN TERHADAP PELAYANAN
KESEHATAN DI PUSKESMAS MERSAM
KABUPATEN BATANG HARI
TAHUN 2024
FITRIANI
ABSTRAK
Data World Health Organization (WHO) tahun 2021 menunjukan data
tentang tingkat kepuasan pasien pelayanan kesehatan di berbagai negara yang
terdiri dari lebih dari 6 juta masukan pasien dalam perawatan kesehatan di 25
negara. Kepuasan pasien yang rendah akan berdampak terhadap jumlah
kunjungan di puskesmas, sedangkan sikap perawat terhadap pasien juga akan
berdampak terhadap kepuasan pasien dimana kebutuhan pasien dari waktu ke
waktu akan meningkat, begitu pula tuntutannya akan mutu pelayanan yang
diberikan. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran kepuasan pasien
terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Mersam Kabupaten Batang Hari
tahun 2024.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan
pendekatan cross sectional bertujuan untuk mengetahui gambaran kepuasan
pasien terhadap pelayanan kesehatan di Puskesmas Mersam Kabupaten Batang
Hari tahun 2024. Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus tahun
2024 di Puskesmas Mersam Kabupaten Batang Hari. Populasi penelitian adalah
pasien yang berobat ke Puskesmas Mersam Kabupaten Batang Hari sebanyak
1.314 orang dan jumlah sampel sebanyak 41 orang, dimana teknik pengambilan
sampel yang digunakan yaitu accidental sampling. Analisis data pada penelitian
ini yaitu analisis univariat.
Hasil analisis menunjukkan bahwa sebagian besar pasien memiliki
kepuasan pasien baik terhadap pelayanan kesehatan sebanyak 23 pasien (56,1%)
dan sebanyak 18 pasien (43,9%) memiliki kepuasan kurang baik terhadap
pelayanan kesehatan di Puskesmas Mersam Kabupaten Batang Hari.
Diharapkan pihak puskesmas masih tetap terus meningkatkan fasilitas dan
pelayanan keperawatan yang meliputi kelima dimensi pelayanan keperawatan,
yaitu : aspek kenyataan, aspek keandalan, aspek tanggung jawab, aspek jaminan,
dan aspek empati. Selain itu sebaiknya perlu memperhatikan kelengkapan
peningkatan sarana dan prasarana yang ada di puskesmas sebagai upaya
peningkatan pelayanan keperawatan.
Kata Kunci : Kepuasan, Pasien, Pelayanan Kesehatan