Hubungan Response Time Perawat dengan Kepuasan Keluarga Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD H. Abdul Manap Kota Jambi
Categorie(s):
SKRIPSI
Author(s):
Dina Wahyuni
Tahun:
2024
Kode:
Hubungan Response Time Perawat dengan Kepuasan Keluarga Pasien di Instalasi Gawat Darurat RSUD H. Ab
NIM Mahasiswa:
202322039
Nama Mahasiswa:
DINA WAHYUNI
Nama Penulis:
DINA WAHYUNI
Item Type:
Karya ilmiah mahasiswa (tesis, skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
Response Time, Kepuasan Keluarga Pasien
Abstract :
Kepuasan pasien dan keluarga terhadap pelayanan yang di berikan di
tentukan oleh salah satunya adalah waktu tanggap (response time) .Pada
Instalasi Gawat Darurat response time yang cepat dan tepat merupakan hal
terpenting untuk mencegah kecacatan dan kematian (to save lifeand limb)
dengan lama waktu response time 5 menit. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui melihat tentang hubungan antara response time perawat
dalam memberikan pelayanan dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi
Gawat Darurat RSUD.H.Abdul Manap Kota Jambi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengen metode
dekskriptif analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien
yang berobat ke IGD RSUD. H.Abdul Manap sebanyak 1.206 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling sebanyak
69 responden. Instrumen penelitian yang digunakaan adalah lembar
observasi dengan menggunalakan arloji, stopwatch dan Handphone untuk
menghitung response time dan kuesioner kepuasan keluarga pasien yang
terdiri dari 13 pertanyaan., dianalisis menggunakan uji Chi square.
Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara response time
perawata dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat
RSUD.H.Abdul Manap Kota Jambi dengan nilai P-value = 0,02 < 0,05.
Kesimpulan penelitian adalah bahwa kecepatan response time perawat
di Instalasi Gawat Darurat mempengaruhi kepuasan pasien dan
keluarganya.
tentukan oleh salah satunya adalah waktu tanggap (response time) .Pada
Instalasi Gawat Darurat response time yang cepat dan tepat merupakan hal
terpenting untuk mencegah kecacatan dan kematian (to save lifeand limb)
dengan lama waktu response time 5 menit. Tujuan dari penelitian ini
untuk mengetahui melihat tentang hubungan antara response time perawat
dalam memberikan pelayanan dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi
Gawat Darurat RSUD.H.Abdul Manap Kota Jambi.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengen metode
dekskriptif analitik. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pasien
yang berobat ke IGD RSUD. H.Abdul Manap sebanyak 1.206 orang.
Pengambilan sampel menggunakan teknik Accidental Sampling sebanyak
69 responden. Instrumen penelitian yang digunakaan adalah lembar
observasi dengan menggunalakan arloji, stopwatch dan Handphone untuk
menghitung response time dan kuesioner kepuasan keluarga pasien yang
terdiri dari 13 pertanyaan., dianalisis menggunakan uji Chi square.
Hasil penelitian menunjukan ada hubungan antara response time
perawata dengan kepuasan keluarga pasien di Instalasi Gawat Darurat
RSUD.H.Abdul Manap Kota Jambi dengan nilai P-value = 0,02 < 0,05.
Kesimpulan penelitian adalah bahwa kecepatan response time perawat
di Instalasi Gawat Darurat mempengaruhi kepuasan pasien dan
keluarganya.