Hubungan Tingkat Pengetahuan Dengan Perilaku Membaca Label Informasi Nilai Gizi Pada Remaja Di SMKN 6 Kota Jambi

Categorie(s):
   Skripsi
Author(s):
   Hafifah, Iin Indrawati, Siti Fati Hatussaadah
Tahun:
   2025
NIM Mahasiswa:
 202131007
Nama Mahasiswa:
 HAFIFAH
Nama Penulis:
 Hafifah
Item Type:
 Karya ilmiah mahasiswa (tesis, skripsi, KTI, laporan PKL)
Keyword(s):
Informasi nilai gizi, pengetahuan, perilaku
Abstract :
Kebiasaan membaca label pada konsumen remaja masih sangat rendah. Selain itu, tidak semua bagian pada label, khususnya informasi nilai gizi, dibaca dan dimengerti oleh remaja. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan perilaku membaca label informasi nilai gizi pada remaja di SMKN 6 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain cross-sectional. Pengumpulan data dengan cara mengisi kuesioner pengetahuan dan perilaku membaca label gizi. Jumlah populasi sebanyak 232 remaja dan sampel 77 remaja dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariate menggunakan uji chi-square. gambaran tingkat pengetahuan dengan kategori kurang sebanyak 64,9% menandakan masih banyak remaja yang belum mengetahui cara membaca label gizi, sedangkan untuk perilaku membaca label gizi dengan kategori kurang sebanyak 50,6% menandakan bahwa remaja cendrung tidak peduli terhadap hal ini. Hasil uji statistik menggunakan chi square menunjukkan nilai p-value sebesar 0,562 (>0,05), maka artinya tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat pengetahuan dengan perilaku membaca label informasi nilai gizi pada remaja. Jadi dapat disimpulkan remaja di SMKN 6 Kota Jambi perlu diberikan edukasi secara tepat, serta diberikan motivasi untuk kesadaran terhadap pentingnya membaca label informasi nilai gizi.
Kata Kunci : Informasi nilai gizi, pengetahuan, perilaku